Rabu, 13 Mei 2020

Mengapa asam lambung naik saat minum kopi ? Berikut Penjelasannya !!!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hallo guys, Selamat pagi dan semangat untuk menjalani puasa nya hari ini ( Teruntuk Muslim )

Mengingat bahwa manusia tidak bisa lepas dari yang nama nya Kopi, dan banyak stigma masyarakat yang menyebutkan bahwa "Minum kopi itu bisa menyebabkan asam lambung naik" !!!

Kok bisa ? Memangnya ada apa saja yang terkandung didalam secangkir kopi ? 

Mengawali pagi dengan secangkir kopi menjadi sebuah rutinitas bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah dengan suhu dingin. Tak hanya dikonsumsi saat pagi hari, kopi juga sering dikonsumsi saat siang ataupun malam hari. Berbagai alasan mengonsumsi kopi pun juga beragam, mulai dari untuk menghangatkan badan, mengembalikan mood, atau sekedar sebagai teman makanan dan berkumpul bersama teman.
Namun, tahukah kita apa saja kandungan di dalam secangkir kopi? Yuk simak informasinya dibawah ini...
1. Kafein
Semua orang pasti telah mengenal zat ini. Kafein, merupakan zat utama yang ada di kopi. Zat inilah yang sering membuat kita terjaga setelah minum kopi. Tapi kenapa bisa begitu? Jawabannya karena di dalam kopi mengandung alkaloid plant, semacam zat yang terkandung di dalam nikotin, tetapi efek sampingnya tidak terlalu kuat.
2. Air (H2O)
Air adalah zat penting dalam kopi yang berfungsi melarutkan minyak dan rasa yang ada di dalam biji kopi. Idealnya, takaran yang baik dalam secangkir kopi yaitu 98.67% air dan 1,25% bubuk kopi yang mudah larut.
3. 2-Ethyphenol
Zat ini menghasilkan aroma pada kopi. Biasanya sangat terasa di mulut kita setelah kita meminum kopi.
4. Quinic acid
Ini merupakan zat yang memberi rasa asam pada kopi. Kadar keasaman setiap kopi berbeda-beda tergantung pada jenisnya.
5. Dimethyl disulfide
Kadar zat ini lebih banyak terkandung di dalam biji kopi yang masih mentah, alias yang belum dipanggang.
6. Acetylmethylcarbinol
Zat ini memberikan rasa gurih di dalam biji kopi. Jadi, jangan heran ketika kita minum kopi merasakan sedikit gurih di dalamnya.
7. Trigonelline
Meski cenderung berasa pahit, dalam kopi ada rasa manis. Zat inilah yang membuat secangkir kopi menjadi lebih terasa manis.
8. 3,5 Dicaffeoylquinic
Zat ini berperan sebagai anti-oksidan. Jadi, mengonsumsi kopi dapat memberikan manfaat melindungi tubuh dari radikal bebas. Tapi ingat, porsinya tetap harus diperhatikan.
Nah, pertanyaan nya adalah bahwa Mengapa asam lambung naik ketika minum kopi ?
Pada dasarnya kebanyakan kopi yang diminum bersifat asam yaitu memiliki pH antara 5-5,5. Hal inilah yang juga memicu peningkatan asam lambung pada tubuh. Hingga saat ini belum ditemukan jenis kopi alami yang memiliki pH yang tidak asam dengan kafein yang minimal. Tetapi beberapa peneliti telah sepakat bahwa kopi Arabika lebih aman diminum pada orang memiliki resiko asam lambung di banding kopi Robusta . Adapun bagi yang sangat ingin menikmati kopi dengan aman terdapat jenis kopi yang bebas kafein yaitu decaffeinated coffee atau yang lebih dikenal dengan kopi decaf atau kopi yang sudah dihilangkan kafeinnya. Di luar negeri , permintaan kopi sedang meningkat pesat. Orang-orang disana sudah menyadari kesehatan dirinya dengan tetap ingin mengambil manfaat daripada kopi. Berbeda di Indonesia karena kopi ini belum popular karena membutuhkan sarana dan prasarana yang tidak mudah.

Singkatnya, kopi itu baik, aman untuk di konsumsi. Namun, ada kala nya kita mengingat bahwa hal yang berlebihan itu tidak lah baik. Pernah dengan tentang istilah Coffee Break ? Istilah tersebut di gunakan pada jam - jam tertentu bukan ? Nah di saat itu lah kita di perbolehkan untuk meminum kopi.

Mudah-mudahan kedepannya kita dapat sadar tentang kesehatan tubuh kita dengan tetap dapat meminum kopi dengan aman tanpa harus merusak lambung.
Mungkin cukup sekian artikel  yang saya publikasikan, dan nantikan update terbaru nya ya !!! 😊

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Follow :
IG : @mochamadnur28
Twitter : @MochamadNur_
FB : Moch Nur Al Shirazy

Tidak ada komentar: