Kamis, 04 Juni 2020

'Wine' pada kopi, ternyata bagus lho !!!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo Bloggers, Welcome To My Blog !

Sesua dengan judulnya, apakah sobat pernah berfikir darimana asal 'kopi wine' ? apakah ada campurannya dengan alkohol ?

Kali ini, #SeputarTentangKopi akan sedikit membahas diluar dunia kopi dulu. Apa yang temen - temen ketahui tentang 'Wine' ? Pastinya selalu berkaitan dengan alkohol atau anggur yang di fermentasikan bukan ?
Secara singkat, 'Wine' adalah minuman anggur atau buah - buahan lainnya yang di fermentasikan. Yup, anggur akan di fermentasikan tanpa menggunakan bahan tambahan apapun, karena adanya kesetimbangan alami. Anggur dapat berfermentasi tanpa tambahan gula, enzim, asam, air ataupun yang lainnya.

Lantas, 'Kopi Wine' yang dimaksud di atas apakah ada campuran tambahan agar bisa di sebut dengan 'Kopi Wine' ? Simak baik - baik.



'Kopi Wine' adalah jenis biji kopi yang di olah pada saat pasca panen memaluli tahap fermentasi sehingga menimbulkan aroma yang unik layaknya wine, karenanya 'Kopi Wine' atau Coffee Wine biasa di sebut juga 'Kopi Fermentasi' atau Coffee Fermented.

Proses pengolahan 'Kopi Wine' sangat berbeda dibandingkan dengan pengolahan biji kopi yang biasanya. Proses pengolahan pada 'Kopi Wine' ini dimulai dari pemetikan buah kopi yang telah matang, lalu di proses dengan salah satu proses pada pasca panen, yaitu metode kering atau metode basah. Pada pengolahan biji 'Kopi Wine' ini yakni menggunakan metode kering dimana buah kopi utuh akan di jemur menggunakan panas terik matahari hingga mengering secara alami.

Untuk proses pengolahan ini membutuhkan waktu yang lama, tidak seperti pada biji kopi umumnya. Pada proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 - 60 hari lama nya (Tergantung Cuaca). Menngapa membutuhkan waktu yang sangat lama ? Karena 'Kopi Wine' akan terus di ulang hingga beberapa kali penjemuran dan menghasilkan aroma wine yang khas.

Biasanya biji kopi yang akan dijadikan 'Kopi Wine' yaitu Biji kopi Arabika Gayo dan Robusta Lampung. Dengan harga yang tepat sesuai kedua jenis biji kopi ini, akan sangat bagus jika di jadikan 'Kopi Wine' dan tentunya tidak akan menghilangkan rasa manis nya pada biji kopi tersebut.

Manfaat dari "kopi Wine' ini juga ternyata ada, yaitu : melancarkan saluran pencernaan, menghasilkan sedikit asam, mendapatkan aroma wine yang khas, kandungan kopi lebih baik, dan juga memperkuat aroma dan rasa pada kopi.

Apakah Halal ?

Jawabannya HALAL dan juga AMAN, sebab pada saat proses fermentasi sama sekali tidak di tambaghkan zat - zat yang merusak tubuh, seperti alkohol, asam dan lain sebagainya. Biji 'Kopi Wine' sendiri di ambil dari biji kopi pilihan yang berada pada ketinggian 1500 hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Semakin tinggi tanaman kopi di tanam, maka akan semakin lebih banyak getah dan itu menandakan bahwa biji kopi tersebut menghasilkan aroma wine yang kuat dan tentunya biji kopi yang berkualitas. Tak hanya itu, 'Kopi Wine' juga dapat menghilangkan sedikit rasa pahit, sehingga temen - yemen semua bisa menikmatinya tanpa harus di tambahkan gula sebagai pemanis.

Sebagai referensi, temen - temen bisa membaca lebih lengkap di bawah ini :
Begitulah sekilas tentang 'Kopi Wine', berniat ingin mencoba ?

Butuh biji kopi : Hub Cp Farma Coffee 08562341754 (WA/Telp/SMS)


Follow :
IG : @mochamadnur28
Twitter : @MochamadNur_
FB : Moch Nur Al Shirazy

Hub :
WA/Telp/SMS : 082128714810

Tidak ada komentar: