Rabu, 03 Juni 2020

Perbedaan Varietas Robusta dan Arabika

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai Bloggers !! Gimana kabarnya hari ini ? Semoga tetap sehat selalu.

Sebelum berbicara jauh tentang kopi, adakah di benak kalian mengapa kopi dengan varietas arabika dengan robusta itu berbeda ?

Nah, kali ini pembahasannya adalah "Perbedaan Antara Robusta dan Arabika".

Meski semakin banyak para penikmat kopi, namun tidak semua dari mereka para penikmat kopi itu tau tentang perbedaan antara jenis kopi robusta dan arabika, kebanyakan orang bilang 'Yang penting pahit'. Padahal citarasa pada kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks.

Rasa pada kopi secara umum ditentukan dari banyak hal. Mulai dari jenis atau varietas nya, cara penanaman nya, lingkungan sekitar, serta pengolahan biji nya. Seperti halnya perbandingan antara kopi Arabika Gayo dan kopi Arabika Toraja, tentu dari segi citarasa dan aroma sudah pasti berbeda.

Untuk varietas kopi Arabika berbentuk pipih dan panjang, kandungan kafein pada kopi ini sekitar 0,8 % hingga 1,4 % sehingga tidak terlalu pahit dan bahkan mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi. Untuk penanaman biasanya varietas ini ada di ketinggian 1000 sampai 2000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 14 - 24 derajat celcius. Pada varietas ini di perlukan adanya perawatan yang baik, karena jika tidak untuk varietas ini rentan terhadap penyakit atau bahkan jika di tanam di dataran yang rendah.

Keunikan yang dimiliki oleh varietas ini adalah  kebanyakan memiliki aroma yang wangi, rasa yang khas tergantung tanaman sandingannya. Kadang ada yang memiliki rasa buah - buahan, kacang - kacangan. Maka tak heran jika harga pasaran untuk varietas ini melonjak tinggi daripada varietas kopi lain. Jenis - jenis kopi Arabika yang populer di indonesia ini adalah kopi Gayo, Toraja, Tiwus, Gunung Puntang, Kerinci.

Nah, untuk varietas Robusta, bentuk biji kopinya nyaris bulat sempurna dan seringkali ada yang berukuran besar. Untuk penanaman pada varietas ini dibawah ketinggan 1000 meter di atas permukaan laut dan suhu sekitar 26 - 30 derajat Celcius. Ciri khas yang paling menonjol pada varietas ini adalah kandungan kafein yang lebih tinggi dari varietas Arabika, yakni kisaran 1,7 hingga 4 % sehingga lebih pahit dan kadar asam nya rendah.

Perihal harga pasaran, untuk varietas ini sangatlah murah karena masa panen nya 3 kali dalam setahun. Beberapa daerah yang terkenal akan varietas kopi Robusta ini adalah Lampung, Nusa Tenggara, Jawa, Bali.

Begitulah perbedaan umum mengenai varietas kopi Robusta dan Arabika. Cukup sekian ya ng bisa saya sampaikan.
Barangkali ada yang mau pesan biji kopi bisa langsung Hubungi : 08562341754 ( FarmaCoffee)


Follow :
IG : @mochamadnur28
Twitter : MochamadNur_
FB : Moch Nur Al Shirazy

Hub :
WA/Telp/SMS : 082128714810

Tidak ada komentar: